Rekomendasi Alat Kontrasepsi sesuai Kebutuhan

Dikala ini ada macam tipe ataupun macam- macam alat kontrasepsi ataupun KB yang menolong menunda ataupun menghindari kehamilan. Cuma saja, tidak tidak sering perihal tersebut malah memunculkan kebimbangan dikala hendak memilah. Sementara itu, penggunaannya cuma hendak efisien bila digunakan dengan pas. Pemilihan alat kontrasepsi wajib disesuaikan dengan kebutuhan pendamping. Berikut data tentang alat kontrasepsi serta plus minusnya.


Alat kontrasepsi hormonal

Kontrasepsi hormonal biasanya memiliki campuran dari progestin serta estrogen, ataupun progesteron saja. Kontrasepsi ini ada dalam bermacam wujud. Macam- macam alat kontrasepsi hormonal tercantum kapsul KB, suntik KB, implan, patch, serta cincin Miss V.

1. Kapsul KB campuran progestin serta estrogen

Isi di dalam kapsul KB ini merupakan campuran antara progestin serta estrogen. Kontrasepsi yang satu ini menolong menahan ovarium supaya tidak memproduksi sel telur.

Alat kontrasepsi ini pula menimbulkan terdapatnya pergantian pada lendir serviks ataupun leher rahim dan endometrium supaya mani tidak dapat‘ berjumpa’ dengan sel telur. Berbeda jenis kapsul KB campuran, hingga isi dosis estrogen serta progestin di dalamnya juga berbeda.

Oleh karena itu, bila Kamu mau memakai satu dari macam- macam alat kontrasepsi yang ada, Kamu dapat memohon dokter menolong Kamu memastikan tipe kapsul KB campuran yang cocok buat keadaan Kamu.

Saat sebelum memakainya, terdapat baiknya bila Kamu mencari ketahui menimpa kelebihan serta kekurangan dari kapsul campuran ini.

Kelebihan dari alat kontrasepsi kapsul KB kombinasi

Salah satu kelebihan yang dapat Kamu rasakan dari pemakaian kapsul ini merupakan kurangi perdarahan dikala haid. Umumnya, bila Kamu hadapi pendarahan berat dikala haid, Kamu berarti lagi hadapi fibroid rahim ataupun bermacam keadaan kesehatan yang lain.

Di samping itu, kelebihan lain yang bisa jadi dapat Kamu rasakan merupakan Kamu bisa kurangi indikasi PMS ataupun premenstrual syndrome. Indikasi dari keadaan ini tidak tidak sering mengusik, sehingga pasti Kamu hendak merasa lebih aman bila gejalanya dapat menurun.

Tidak hanya kedua kelebihan yang sudah disebutkan, kapsul KB tipe ini pula dapat membagikan macam- macam kelebihan lain, semacam menolong siklus haid yang sebelumnya berhamburan jadi lebih tertib. Tidak cuma itu, alat kontrasepsi ini pula bisa kurangi rasa sakit ataupun kram yang diakibatkan sebab haid.

Kamu pula bisa kurangi resiko dari penyakit kanker ovarium dan endometrium, stroke, salphingitis, serta rematik. Tidak hanya itu, memakai kapsul KB campuran bisa jadi pula bisa kurangi penciptaan hormon androgen yang jadi pemicu munculnya sindrom ovarium polikistik ataupun PCOS yang bisa jadi Kamu natural.

Sedangkan itu, tidak cuma kelebihan dari pemakaian kapsul KB, Kamu bisa jadi pula butuh menguasai kekurangannya.

Kekurangan alat kontrasepsi kapsul KB kombinasi

Tidak cuma kelebihannya, Kamu pula butuh menguasai kekurangan dari pemakaian kapsul KB campuran ini. Pemakaian alat kontrasepsi yang satu ini dikira bisa tingkatkan resiko hipertensi serta penyakit kardiovaskular.

Tidak hanya itu, memakai kapsul KB campuran pula berpotensi tingkatkan berat tubuh Kamu. Tetapi, keadaan tersebut dapat diatasi dengan metode mengimbangi penggunaannya dengan diet serta olahraga.

Tidak cuma itu, memakai kapsul KB campuran mungkin bisa mengusik penciptaan Air Susu Bunda( ASI). Sayangnya, pemakaian kapsul KB ini tidak bisa melindungi Kamu dari resiko tertular penyakit kelamin.

2. Kapsul KB progestin

Tipe kapsul KB selanjutnya diketahui dengan kapsul mini. Kapsul ini berbeda dengan kapsul campuran, kapsul mini cuma memiliki progestin saja. Alat kontrasepsi oral ini mempunyai isi hormon progestin yang lebih rendah dari dosis progestin pada kapsul campuran.

Kapsul KB progestin bisa membuat lendir serviks jadi lebih kental, sehingga menghindari mani buat‘ berjumpa’ dengan sel telur. Memakai kapsul mini pula bisa menahan ataupun menghindari proses ovulasi, walaupun cuma pada saat- saat tertentu saja.

Bila Kamu mau memakai kapsul KB progestin, Kamu dapat menguasai kelebihan serta kekurangan dari penggunaannnya terlebih dulu.

Kelebihan alat kontrasepsi kapsul KB progestin

Bersumber pada suatu postingan yang dilansir di Mayo Clinic, pemakaian kapsul mini ataupun kapsul KB progestin cenderung gampang. Alasannya, dikala Kamu memutuskan buat menyudahi memakai kapsul ini, Kamu tidak butuh menunggu sangat lama sampai masa produktif Kamu kembali wajar semacam semula.

Tidak hanya itu, penggunaannya tidak memunculkan dampak samping semacam hipertensi serta penyakit kardiovaskular. Satu dari macam- macam alat kontrasepsi ini pula tidak mengusik penciptaan Air Susu Bunda( ASI).

Tetapi, terdapat kekurangan dari pemakaian kapsul mini yang pula wajib Kamu tahu.

Kekurangan alat kontrasepsi kapsul KB progestin

Bila Kamu memutuskan buat memakai kapsul KB progestin, terdapat mungkin kalau kontrasepsi ini bisa menimbulkan kenaikan berat tubuh.

Tidak cuma itu, pemakaian kapsul mini bagaikan alat kontrasepsi bisa menimbulkan siklus haid tidak tertib. Kapsul ini pula tidak menolong Kamu kurangi resiko hadapi peradangan meluas intim yang bisa jadi terjalin dikala Kamu melaksanakan ikatan seksual dengan pendamping.

3. Alat kontrasepsi IUD

( Intra- Uterine Device)

IUD ialah alat kontrasepsi yang mempunyai berupa semacam huruf T. IUD ini dimasukkan ke dalam rahim serta terkadang

menyisakan sedikit benang di Miss V buat menunjukkan posisi IUD.

Terdapat 2 berbagai alat kontrasepsi IUD yang dapat Kamu seleksi, ialah IUD berisi tembaga serta hormon. IUD tembaga dapat digunakan hingga 10 tahun, sebaliknya IUD hormon cuma hingga 5 tahun.

Saat sebelum Kamu memutuskan buat memakai alat KB IUD bagaikan opsi kontrasepsi, Kamu dapat mencari ketahui terlebih dulu kelebihan serta kekurangan dari alat KB IUD ini.

Kelebihan alat kontrasepsi IUD

Terdapat sebagian kelebihan dari pemakaian alat kontrasepsi yang satu ini. Awal, alat KB IUD merupakan alat kontrasepsi yang“ use and forget”. Maksudnya, IUD gampang digunakan, tetapi sehabis pemasangan alat kontrasepsi ini, Kamu tidak butuh merasa wajib repot dalam penggunaannya tiap hari.

Di samping itu, pemakaian IUD dipergunakan buat waktu jangka panjang. Jadi, Kamu cuma butuh memakainya buat sekali gunakan dalam kurun waktu tertentu.

Apalagi, IUD tidak hendak mengusik kesuburan Kamu. Alasannya, sehabis alat ini dilepas dari rahim, kesuburan Kamu bisa kembali dengan kilat.

Sayangnya, IUD ini pula mempunyai kekurangan bila mau dijadikan bagaikan metode menghindari kehamilan.

Kekurangan alat kontrasepsi IUD

Salah satu permasalahan yang bisa jadi terjalin bila Kamu memakai KB IUD bagaikan alat kontrasepsi merupakan posisi dari alat ini dapat beralih dikala terletak di dalam rahim. S

elain itu, alat ini sesungguhnya membuat Kamu yang memakainya merasa tidak aman. Apalagi, pendamping pula bisa jadi hendak merasa tidak aman dikala melaksanakan ikatan intim dengan Kamu sebab terdapat sisa benang IUD di Miss V.

Ditambah lagi, pemakaian KB IUD bisa menimbulkan dampak samping semacam kram serta perdarahan dikala haid jadi lebih banyak.

Alat kontrasepsi dengan tata cara penghalang fisik

Tidak hanya sebagian kontrasepsi hormonal di atas, terdapat pula kontrasepsi yang dicoba dengan penghalang raga, semacam:

1. Kondom

Tidak hanya pemakaian kontrasepsi hormonal, Kamu pula dapat memakai kondom. Kondom merupakan ialah kontrasepsi yang dapat Kamu seleksi. Walaupun lebih universal ditemui kondom buat laki- laki, tetapi terdapat pula kontdom buat perempuan. Daya guna kondom dalam menghindari kehamilan bertambah paling utama sehabis ditambahkan lubrikan spermisida di kondom.

Kelebihan alat kontrasepsi kondom

Kelebihan yang dapat Kamu rasakan dari memakai kondom merupakan bisa menghindari penularan penyakit kelamin. Sedangkan itu, alat ini pula sangat instan serta gampang ditemui di mana saja. Ditambah lagi alat ini pula sangat gampang digunakan.

Kekurangan alat kontrasepsi kondom

Tetapi,, alat ini pula mempunyai kekurangan yang wajib Kamu tahu. Salah satunya merupakan pemakaian kondom bisa memunculkan alergi dari bahan yang digunakan buat membuat kondom.

Tidak cuma itu saja, Kamu wajib membeli kondom dalam jumlah banyak bila mau memakainya. Alasannya, kondom cuma dapat digunakan sekali. Sedangkan itu, konsumsi kondom wajib pas sebab bisa mencuat resiko terlepas.

2. Spermisida

Spermisida merupakan zat kimia yang bisa mengganggu mani. Spermisida bisa berupa krim, teliti, busa ataupun supositori. Tetapi, Kamu dapat memakai ini bagaikan alat kontrasepsi.

Kelebihan alat kontrasepsi spermisida

Kamu dapat memakai spermisida sebab sifatnya yang cuma sedangkan, sehingga Kamu dapat menjadikan alat ini bagaikan alternatif untuk perempuan yang mau ataupun perlu perlindungan sedangkan. Tidak cuma itu, spermisida dapat didapatkan dengan gampang.

Kekurangan alat kontrasepsi spermisida

Spermisida pula mempunyai kekurangan, misalnya masa proteksi alat ini sangat pendek cocok watak pemakaian. Perihal ini menimbulkan daya gunanya hendak menurun, apabila konsumsinya telah melebihi satu jam.

Di samping itu, walaupun spermisida sanggup menghindari kehamilan, Kamu tidak dapat menghindari penularan penyakit kelamin dikala berhubungan dengan pendamping Kamu bila memakai spermisida

3. Diafragma

Diafragma umumnya dibuat dari lateks ataupun silikon, berupa melingkar semacam kubah serta berperan menghindari mani masuk ke dalam rahim. Metode penggunaannya merupakan menekuk ataupun melipatnya jadi 2 bagian, kemudian memasukkannya ke dalam Miss V buat melindungi serviks.

Kelebihan alat kontrasepsi diafragma

Kelebihan diafragma merupakan digunakan bertepatan dengan alat lain, semacam spermisida. Pemakaian keduanya bertepatan bisa tingkatkan daya guna diafragma. Di samping itu, diafragma dapat dipakai kesekian kali.

Kekurangan alat kontrasepsi diafragma

Cuma saja, pemakaian diafragma pula mempunyai kekurangan. Bagaikan contoh, diafragma yang sangat besar dapat membuat rasa yang tidak aman, sebaliknya yang sangat kecil dapat berisiko lepas ataupun pindah posisi.

Tidak hanya itu, pemakaian diafragma bisa memunculkan iritasi pada alat kelamin.

Tata cara kontrasepsi alami

Bila Kamu serta pendamping tidak bisa memakai alat kontrasepsi di atas sebab bermacam alibi, Kamu bisa mempraktikkan tata cara penangkalan natural, antara lain:

1. Sistem KB kalender

Tanpa dorongan macam- macam alat kontrasepsi, tata cara ini memakai penghitungan masa produktif perempuan, serta menjauhi berhubungan seks pada masa produktif tersebut.

Kelebihan sistem kb kalender

Dibandingkan kontrasepsi lain, tata cara sistem kb kalender yang satu ini sangat murah sebab Kamu bisa jadi tidak butuh menghasilkan duit sangat banyak. Di samping itu, Kamu cuma mengandalkan perhitungan masa produktif. Sehingga, Kamu tidak butuh memakai dorongan alat apapun.

Kekurangan sistem kb kalender

Dibandingkan kontrasepsi yang lain, sistem kb kalender ini kurang efisien. Terlebih, tata cara ini mempunyai mungkin kandas sampai menggapai 20%.

2. Menyusui

Pada bunda yang menyusui anaknya secara eksklusif, pembuahan tidak bisa terjalin sepanjang 10 minggu awal, sehingga kehamilan bisa dicegah.

Kelebihan menyusui

Bila Kamu mau memakai metode ini, Kamu pasti tidak butuh menghasilkan duit. Di samping itu, Kamu tidak butuh memakai alat apapun ataupun komsumsi apapun. Perihal yang butuh Kamu jalani merupakan menyusui.

Kekurangan menyusui

Sayangnya, tata cara ini memanglah kurang efisien buat menghindari kehamilan. Umumnya pendamping yang memakai tata cara ini menunggu haid awal sehabis melahirkan buat menyudahi berhubungan seks, sementara itu masa pembuahan terjalin saat sebelum terdapatnya haid.

Tata cara kontrasepsi permanen

Kontrasepsi permanen ataupun sterilisasi ialah opsi untuk pendamping yang tidak mau mempunyai anak lagi. Pada perempuan, metode yang bisa dicoba merupakan tubektomi, ligasi tuba, implan tuba, serta elektrokoagulasi tuba. Sedangkan itu, pada laki- laki bisa dicoba vasektomi.

Kelebihan kontrasepsi permanen

Dibanding macam- macam kontrasepsi yang terdapat, kontrasepsi permanen mempunyai daya guna yang sangat besar dalam menghindari kehamilan. Tidak cuma itu, kontrasepsi permanen tidak membutuhkan alat ataupun hormon bonus lagi.

Kekurangan kontrasepsi permanen

Sayangnya, tata cara kontrasepsi ini pula senantiasa mempunyai kekurangan. Bagaikan contoh, bayaran yang wajib Kamu keluarkan buat menempuh proses dari tata cara ini pasti lebih mahal dibandingkan tata cara ataupun pemakaian kontrasepsi yang lain.

Tidak hanya itu, resiko komplikasi dari aksi yang wajib Kamu lakukan buat tata cara kontrasepsi permanen ini dapat berbentuk perdarahan ataupun peradangan. Sayangnya, walaupun telah bertabiat permanen, tata cara ini pula tidak bisa menghindari Kamu hadapi penularan penyakit kelamin.

Dari bermacam- macam tipe ataupun macam- macam alat kontrasepsi, berarti untuk Kamu buat memutuskan bersama dengan pendamping. Perihal yang butuh dipertimbangkan, antara lain apakah pendamping masih mau mempunyai anak ataupun tidak, kapan pendamping mau mempunyai anak lagi, ataupun apakah ada penyakit tertentu yang diidap yang bisa jadi bisa terbawa- bawa kontrasepsi. Tidak hanya itu pertimbangkan pula harga serta kepraktisan dari tiap tata cara. 

Comments

Popular posts from this blog

Ini Pilihan Makanan yang Baik untuk Darah Rendah

Minum Kopi Saat Diet, Ini Syaratnya!

Apa sih Manfaat Air Cucian Beras untuk Tubuh?