Penyebab Sakit Pinggang yang Wajib Kamu Ketahui

Low back pain ataupun sakit pinggang merupakan sakit pada punggung bagian dasar. Pengidap sakit pinggang dapat hadapi rasa sakit yang lenyap mencuat ataupun terus menerus, pada salah satu sisi pinggang ataupun keduanya.

Sakit pinggang sangat kerap diakibatkan oleh luka otot ataupun sendi di zona pinggang, dapat akibat posisi badan yang salah, mengangkut barang berat, ataupun melaksanakan gerakan secara kesekian. Sakit punggung dasar ini pula bisa diakibatkan oleh kendala organ ginjal, peradangan, ataupun permasalahan tulang balik.

Indikasi Sakit Pinggang

Indikasi sakit pinggang bisa berbeda- beda pada tiap pengidap, bergantung pada penyebabnya. Pengidap sakit pinggang bisa hadapi indikasi berbentuk:

Pinggang pegal, kaku, ataupun semacam ditusuk.

Perih menjalar dari pinggang ke bokong hingga kaki.

Susah buat bergerak serta berdiri tegak sebab perih di pinggang.

Sakit kadangkala memburuk di malam hari ataupun dikala duduk sangat lama.

Sakit terasa memburuk dikala membungkuk, mengangkut barang berat, ataupun berjalan.

Tungkai terasa lemah ataupun mati rasa, bergantung pada letak saraf yang terjepit.

Sakit pinggang umumnya berlangsung sebagian hari hingga sebagian minggu, paling utama apabila diakibatkan oleh luka otot. Pada sebagian permasalahan, sakit pinggang dapat berlangsung hingga lebih dari 3 bulan.

Kapan wajib ke dokter

Sakit pinggang kerap kali sembuh dengan sendirinya. Waspadalah apabila sakit pinggang terus kesekian sepanjang 1 bulan serta kian lama kian memburuk, walaupun lagi istirahat.

Lekas ke dokter apabila sakit pinggang diiringi sebagian indikasi di dasar ini, sebab dapat jadi tanda- tanda keadaan yang sungguh- sungguh:

Demam.

Paha mati rasa.

Tungkai terasa lemah.

Pinggang sakit dikala batuk ataupun buang air kecil.

Kendala buang air kecil serta buang air besar.

Berat tubuh naik ataupun malah turun ekstrem.

Kamu pula butuh bertanya dengan dokter apabila sakit pinggang yang Kamu natural diiringi dengan keadaan berikut:

Sempat ataupun lagi mengidap kanker.

Mengidap osteoporosis.

Sempat memakai NAPZA

Komsumsi obat kortikosteroid dalam jangka panjang.

Rasa sakit timbul sehabis jatuh ataupun musibah.

Sakit pinggang yang berkelanjutan, terlebih diiringi dengan beberapa indikasi di atas, dapat jadi tanda- tanda sesuatu penyakit sungguh- sungguh. Buat mengestimasi mungkin bayaran penyembuhan yang besar, Kamu dapat memikirkan buat memilah asuransi kesehatan yang terpercaya.


Penyebab Sakit Pinggang

Dalam banyak permasalahan, sakit pinggang terjalin akibat luka pada otot pinggang. Luka kerap kali diakibatkan oleh gerak pinggang yang seketika serta kesekian, misalnya dikala bermain golf, ataupun sebab mengangkut barang yang sangat berat.

Sakit pinggang pula dapat terjalin akibat duduk sangat lama, paling utama apabila salah posisi duduk serta sofa yang diduduki tidak aman. Pada kanak- kanak, sakit pinggang dapat terjalin akibat kerap bawa tas punggung yang sangat berat.

Aspek lain yang pula bisa tingkatkan resiko terbentuknya sakit pinggang, paling utama pada orang berusia, di antara lain:

Berumur 30 tahun ke atas

Mempunyai berat tubuh berlebih

Kurang berolahraga

Tidak hanya luka, sakit pinggang pula bisa terjalin akibat kendala pada organ di tulang balik, ataupun kendala pada organ di bagian badan lain. Kendala pada saraf tulang balik yang bisa menimbulkan sakit pinggang meliputi:

Peradangan pada sendi di tulang balik.

Saraf kejepit akibat penonjolan bantalan tulang balik( hernia nukleus pulposus).

Pengikisan bantalan tulang balik akibat proses penuaan.

Penyempitan ruas tulang balik ataupun stenosis spinal.

Luka tulang balik akibat terbentur ataupun musibah.

Kelainan pada lengkung tulang balik, semacam kifosis, lordosis, ataupun skoliosis.

Spondylolisthesis.

Kendala pada organ di bagian badan lain pula bisa menimbulkan sakit pinggang. Pada keadaan ini, sakit dapat dialami cuma di salah satu sisi pinggang, dapat kanan ataupun kiri, tetapi dapat pula di kedua sisi pinggang. Sebagian kendala pada organ badan lain tersebut merupakan:

Peradangan ginjal

Batu ginjal

Usus buntu

Pankreatitis

Endometriosis

Kista ovarium

Miom

Sakit pinggang pada masa kehamilan

Sakit pinggang pula bisa dirasakan oleh bunda berbadan dua. Beberapa penyebabnya merupakan:

Pertambahan berat tubuh yang membuat tulang balik wajib bekerja lebih keras buat menopang badan. Berat tubuh yang meningkat pula dapat menekan pembuluh darah serta saraf di panggul serta tulang balik.

Pelepasan hormon yang mengusik jaringan di dekat pinggang.

Pergantian bentuk badan badan yang membuat titik pusat penyeimbang bunda berbadan dua berganti tanpa disadari.

Pergantian mood yang menimbulkan otot pinggang mengencang.

Penaksiran Sakit Pinggang

Buat memastikan penyebab sakit pinggang, dokter hendak mengawali dengan melaksanakan pengecekan raga, tercantum mengecek refleks serta jangkauan gerak penderita. Dokter dapat langsung membagikan penyembuhan apabila penderita tidak menampilkan indikasi yang sungguh- sungguh.

Apabila sakit pinggang tidak pula lenyap sehabis sebagian minggu ataupun timbul indikasi yang sungguh- sungguh, dokter bisa melaksanakan pengecekan lanjutan, semacam:

Uji darah, buat memandang mungkin peradangan ataupun peradangan. Pengecekan yang dicoba meliputi hitung darah lengkap, laju endap darah( LED), serta protein C- reaktif.

Pencitraan, semacam gambar Rontgen, CT scan, serta MRI, buat mengecek struktur tulang, otot, serta ligamen, dan mencari ketahui bila terdapat keadaan faktor yang lain.

Elektrodiagnostik, meliputi elektromiografi( pengecekan kegiatan listrik otot), uji konduksi saraf( pengecekan kecepatan transmisi sinyal saraf), serta evoked potential test( pengecekan kecepatan hantaran saraf ke otak).

Penyembuhan Sakit Pinggang

Penyembuhan sakit pinggang bergantung pada penyebabnya. Berikut ini merupakan langkah penyembuhan buat sakit pinggang, baik yang dicoba secara mandiri ataupun atas anjuran dokter:

Penyembuhan sakit pinggang secara mandiri

Buat sakit pinggang yang diakibatkan oleh otot yang tegang, penanganannya bisa dicoba secara mandiri, antara lain dengan:

Senantiasa beraktivitas

Jangan sangat banyak istirahat sebab bisa membuat otot pinggang melemah. Dianjurkan buat senantiasa beraktifitas serta olahraga ringan, semacam berjalan kilat, dan melaksanakan peregangan otot. Hendak namun, jauhi kegiatan berat sepanjang sebagian hari hingga indikasi membaik.

Kompres dingin

Kompres zona pinggang yang sakit dengan es buat kurangi bengkak. Berarti diingat, bungkus es dengan handuk ataupun kantong es terlebih dulu supaya kulit tidak terluka. Jalani kompres dingin dalam 2 hingga 3 hari.

Kompres hangat

Ubah kompres dingin dengan kompres hangat sehabis 2- 3 hari. Kompres hangat bermanfaat buat kurangi peradangan, tingkatkan aliran darah, serta melemaskan otot. Jalani kompres sepanjang 20- 30 menit, masing- masing 2 ataupun 3 jam.

Obat pereda nyeri

Sakit pinggang dapat diredakan dengan sebagian obat yang dijual leluasa, semacam paracetamol.

Obat- obatan

Apabila langkah penyembuhan secara mandiri tidak dapat menanggulangi indikasi, segeralah memeriksakan ke dokter. Dokter bisa meresepkan beberapa obat sakit pinggang berikut cocok keadaan pengidap serta penyebab sakit pinggang:

Obat pereda perih dalam wujud krim, obat minum, ataupun suntik.

Pelemas otot, semacam baclofen.

Suntik kortikosteroid.

Antidepresan tipe trisiklik ataupun SNRI.

Suntik botox buat membatasi kinerja saraf.

Antibiotik, apabila terjalin peradangan( misalnya peradangan ginjal).

Pengobatan khusus

Sebagian pengobatan spesial yang bisa dicoba buat menanggulangi sakit pinggang merupakan:

Fisioterapi, bertujuan buat membetulkan bentuk badan badan, dan memantapkan serta tingkatkan kelenturan otot pinggang.

Manipulasi tulang balik, buat membetulkan posisi tulang balik dengan berikan pijatan serta tekanan pada punggung serta tulang balik.

Traksi, ialah pengobatan dengan beban buat membetulkan posisi tulang balik secara bertahap.

Transcutaneous electrical nerve stimulation( TENS), bertujuan memblokir sinyal rasa sakit di sistem saraf.

Operasi

Tipe pembedahan yang dicoba bergantung pada penyebab yang mendasari sakit pinggang. Tata cara pembedahan yang bisa dicoba antara lain:

Pembedahan tulang balik, semacam kyphoplasty buat membetulkan tulang balik yang patah ataupun laminektomi buat saraf kejepit.

Pembedahan penaikan batu ginjal.

Pembedahan penaikan kista rahim ataupun miom.

Pembedahan usus buntu.

Mengingat bayaran pembedahan bukanlah sedikit, hingga bagaikan langkah penangkalan Kamu diajarkan buat mempunyai asuransi kesehatan yang dilengkapi dengan layanan chat free bersama dokter. Dengan produk ini, Kamu dapat bertanya dengan dokter kapan saja Kamu mau.

Komplikasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang bisa menimbulkan beberapa komplikasi, di antara lain:

Sindrom cauda equina

Sindrom Cauda Equina terjalin kala bantalan tulang balik ujung akhir saraf tulang balik. Dampaknya, pengidap jadi tidak sanggup menahan buang air kecil serta buang air besar. Bila tidak ditangani, keadaan ini bisa menyebabkan kehancuran saraf secara permanen.

Kendala beraktivitas

Sakit pinggang bisa membuat pengidapnya tidak dapat melaksanakan kegiatan, ataupun apalagi wajib tirah baring( bedrest) buat waktu yang lama. Tirah baring buat waktu yang lama ini bisa memunculkan komplikasi baru, berbentuk deep vein thrombosis ataupun terjadinya gumpalan darah pada pembuluh darah tungkai, dan otot jadi lemah.

Penangkalan Sakit Pinggang

Terdapat sebagian langkah yang dapat dicoba buat menghindari sakit pinggang, ialah:

Teratur olahraga buat memantapkan otot pinggang, misalnya renang ataupun yoga.

Tekuk lutut serta jaga badan senantiasa tegak dikala hendak mengangkut barang berat. Ingat, jangan mengangkut barang berat dalam posisi membungkuk.

Jauhi mengangkut beban yang sangat berat. Hendaknya pakai perlengkapan bantu ataupun memohon dorongan orang lain.

Duduklah dalam posisi tegak serta jauhi duduk sangat lama. Dianjurkan buat sesekali berdiri serta berjalan buat meregangkan otot.

Pertahankan berat tubuh sempurna buat menghindari tekanan berlebih pada tulang balik.

Menyudahi merokok, sebab isi di dalam rokok kurang baik buat kesehatan tulang serta bisa kurangi suplai darah ke pinggang.

Memenuhi konsumsi kalsium serta vit D buat menghindari pengeroposan tulang ataupun osteoporosis.

Istirahatlah dalam posisi menyamping serta lutut terlipat ke atas guna kurangi tekanan pada pinggang. Pakai alas tidur yang sanggup menahan berat tubuh serta tidak sangat empuk.

Pakai alas kaki yang aman serta jauhi pemakaian sepatu hak besar. 

Comments

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa x-)
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini Pilihan Makanan yang Baik untuk Darah Rendah

Minum Kopi Saat Diet, Ini Syaratnya!

Apa sih Manfaat Air Cucian Beras untuk Tubuh?